logo

Tidak menemukan jawaban yang anda cari?

Hosting

Penjelasan Umum

Layanan hosting website yang dikelola oleh Direktorat Teknologi dan Sistem Informasi Universitas Padjadjaran disediakan untuk tujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan hukum yang berlaku di Republik Indonesia maupun Internasional. Penyaluran, penyimpanan, maupun penyajian informasi dari segala jenis data yang melanggar hukum yang berlaku adalah dilarang keras.

FASILITAS (COMING SOON)

 

Aplikasi berbasis web ini juga menyediakan user interface (antarmuka pengguna) yang lebih praktis dan mudah dipelajari pengoperasiannya, bahkan oleh pemula. Hampir semua fitur yang tersedia dapat ditangani dengan tampilan web antarmuka, tanpa harus memiliki pengetahuan tentang teks command shell Linux.

  • 1 sub domain pada unpad.ac.id (berlaku ketentuan)
  • 500MB Kapasitas Penyimpanan
  • File Manager Basis Web
  • 1 Akun FTP
  • 2 Mysql Database

Tanya Jawab

Bagaimana cara mengajukan permohonan hosting baru ?

Pengguna layanan mengajukan surat permohonan kepada Direktur DPSI yang diketahui oleh Dekan Fakultas bagi unit pengusul yang berada di lingkungan Fakultas (Jurusan, Departemen, Program Studi, Laboratorium, Organisasi mahasiswa seperti himpunan mahasiswa, BEM, BPM, dll) atau Pimpinan terkait (Direktur, Kepala Biro, Kepala Bagian), untuk unit pengusul yang berada di lingkungan Universitas disertai dengan Formulir layanan hosting yang telah diisi dan ditandatangani oleh pimpinan terkait dikirim menggunakan email unpad (Padjadjaran Mail Google App for Education) ke support@unpad.ac.id

Form Hosting : Download

Bagaimana cara mengetahui penamaan domain yang sesuai dengan prosedur ?

Penamaan domain sebaiknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  • Penamaan domain harus unik, spesifik dan merepresentasikan nama unit/lembaga/organisasi/layanan, dapat berupa kata atau singkatan (contoh: kerjasama, internasional, fh,fe,ftip,fisip,dll) serta nama tidak boleh menggunakan kata yang sama dengan unit lain.
  • Unit/lembaga/organisasi/layanan yang berada di lingkungan Fakultas, harus berada di sub domain fakultas masing-masing (contoh : xxxxx.faperta.unpad.ac.id), sedangkan untuk unit/lembaga/organisasi/layanan yang langsung berada di bawah Universitas dapat mempergunakan sub domain Unpad secara langsung (contoh : xxxx.unpad.ac.id)
  • Penamaan Domain tidak mengandung kata yang berpotensial melanggar SARA serta hak cipta
  • Penamaan URL acara/event tahunan, tidak mencantumkan tahun pada alamat domain yang diajukan. Contoh: pilrek.unpad.ac.id, bukan pilrek2015.unpad.ac.id.
  • Permohonan nama domain yang mengandung nama pribadi atau publikasi tulisan, portofolio, dokumentasi akademik dan blog tugas maka akan diarahkan domainnya ke alamat blogs.unpad.ac.id/namadomain . Informasi lengkap kunjungi laman blogs.unpad.ac.id

Contoh Format Domain Dibawah Universitas :

  • Unit : namaunit.unpad.ac.id
  • Lembaga : namalembaga.unpad.ac.id
  • Organisasi : namaorganisasi.unpad.ac.id
  • Layanan : namalayanan.unpad.ac.id
  • Kegiatan : namakegiatan.unpad.ac.id

Contoh Format Domain Dibawah Fakultas :

  • Fakultas : namafakultas.unpad.ac.id
  • Pasca : pasca.namafakultas.unpad.ac.id
  • Departemen : namadepartemen.namafakultas.unpad.ac.id
  • Program Studi : prodi.departemen.namafakultas.unpad.ac.id
  • Organisasi Mahasiswa : namaormawa.namafakultas.unpad.ac.id
  • Kegiatan : namakegiatan.namafakultas.unpad.ac.id
Kenapa pihak DPSI melakukan Pembatalan, Penundaan, dan penon-aktifan terhadap Hosting saya ?

Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi berhak melakukan pembatalan, penundaan dan penon-aktifan layanan hosting pada Website yang terdeteksi dapat menganggu sistem hosting atau website yang tidak aktif, tidak dilakukan update serta tidak dipelihara lebih dari 2 (dua) bulan.

Bagaimana cara aktivasi ulang layanan Hosting ?

Layanan hosting yang di non-aktifkan dapat dipertimbangkan untuk kembali diaktifkan dengan terlebih dahulu mengajukan surat permohonan kepada Direktur DPSI yang diketahui oleh pimpinan terkait  disertai dengan Formulir layanan hosting yang telah diisi dan ditandatangani oleh pimpinan terkait ke support@unpad.ac.id

Form Hosting : Download

Bagaimana jika ada pergantian pengurus Hosting ?

Pengguna layanan hosting memberikan informasi terkait pergantian kepengurusan baru disertai dengan Formulir layanan hosting yang telah diisi biodata penanggung jawab website yang baru ke support@unpad.ac.id

Form Hosting : Download

Saya lupa akses hosting (Forgot User & Password) ?

Pengguna layanan mengajukan permohonan akses ke support@unpad.ac.id

Berapa biaya berhosting diunpad ?

Pembuatan hosting di Universitas Padjadjaran tidak dikenakan biaya

Artikel Terkait

Persyaratan Pendaftaran

Layanan hosting website tersedia untuk : Fakultas, Sekolah, Departemen, Program Studi, Laboratorium / Studio, Pusat Studi, Pusat Penelititan, Unit Pelaksana Teknis, Dosen, Organisasi Mahasiswa,Kegiatan resmi yang disetujui oleh pimpinan Universitas Padjadjaran.

  • Mengajukan Permohonan Resmi
  • Menunjuk Penanggung Jawab Serta Operator Pengelola Situs
  • Menyiapkan Website serta Materi/Konten
  • Mengisi dan Mentandatangi Perjanjian Kontrak Layanan Hosting

Prosedur Permohonan

  • Diskusi Dengan Pihak Direktorat Perencanaan Dan Sistem Informasi

    Dengan maksud untuk membantu memberikan pengetahuan ataupun konsultasi seputar hosting dan permasalahan-permasalah yang akan timbul di kemudian hari.

  • Download Form Layanan Hosting

    Pengguna layanan menyatakan tunduk terhadap segala bentuk aturan yang ditetapkan oleh DPSI sekarang dan dikemudian hari.

  • Kirim Form Layanan Hosting

    Pergiriman dokumen perjanjian pengguna layanan hosting beserta dokumen pendukung, silahkan email ke support di support@unpad.ac.id . Permohonan Hosting pertama melakukan permohonan. Karena permohonan penamaan Hosting dianggap penting dan harus melalui proses pengecekan teknis sesuai standarisasi Universitas Padjadjaran maka kurang lebih pengerjaan permohonan memakan waktu maksimal 2 hari kerja

Pengelolaan Sumberdaya Server Secara Mandiri Diluar Layanan DTSI

Apabila fakultas punya fasilitas server sendiri dan hanya mengajukan domain agar bisa diakses di internet, silahkan membaca Persyaratan Pendafaran pada poin 1,2,4

File

Layanan Hosting disediakan untuk menampilkan halaman Website profile dengan maksimal kapasitas 300 MB, bukan sebagai website penyedia layanan download untuk mendistribusikan file.

Penggunaan Domain unpad.ac.id

Layanan hosting hanya tersedia untuk penggunaan domain unpad.ac.id dan. Nama dagang, merek dagang, symbol, logo atau identitas lainnya diluar domain unpad.ac.id, termasuk link aktif ke domain .com , .tv, .biz, .net dan situs komersial lainnya, tidak diperbolehkan, kecuali mendapatkan izin tertulis dari Universitas Padjadjaran.

Identitas Pada Website

Universitas Padjadjaran terus untuk mempertahankan citra publik sebaik mungkin dalam bidang pelayanan akademik dan masyarakat, untuk itu semua website yang mempergunakan domain unpad.ac.id harus memperhatikan hal sebagai berikut :

  • Untuk gambar yang efektif dan dikenali dan konsisten di semua media, aturan logo, identitas fakultas dapat di lihat pada halaman http://www.unpad.ac.id/universitas/identitas/
  • Pada website fakultas harus menyertakan identitas logo universitas pada halaman utama.
  • Menambahkan Link atau tautan ke halaman website utama dan website resmi Universitas Padjadjaran seperti : http://unpad.ac.id , http://paus.unpad.ac.id , http://students.unpad.ac.id, http://siat.unpad.ac.id.
  • Mencantumkan informasi detail penanggung Jawab Website di halaman bawah website diantaranya : alamat fakultas/unit/lembaga, nomer telepon yang bisa dihubungi, alamat email dan Contact Person

DTSI berkomitmen untuk melindungi data pengguna. Dengan menggunakan layanan kami, Anda dianggap telah menyetujui Kebijakan Privasi ini.

Jenis Data Tercatat

DTSI mencatat data yang berhubungan dengan pengguna melalui metode berikut :

  • Metode pencatatan data otomatis seperti dan tidak terbatas pada www, alamat IP, cookies, dan lain-lain
  • Registrasi online dan offline
  • Korespondensi email
  • Komunikasi online dan offline
  • Sumber-sumber informasi dari pihak ketiga

Penggunaan Data

Jenis-jenis data diatas digunakan oleh DTSI untuk :

  • Melakukan komunikasi dalam rangka penyediaan layanan
  • Melakukan pertanggungjawaban akan penyediaan layanan baik kepada pengguna bersangkutan maupun pihak penegak hukum
  • Mengakui sebagai salah satu aset tak berwujud

Keamanan Data

DTSI Indonesia berusaha sebaik-baiknya untuk menjaga data pengguna dari pihak-pihak yang tidak berwenang untuk mendapatkan data tersebut, kecuali untuk melakukan hal-hal yang tersebut pada Penggunaan Data.

Batasan Kerahasiaan Data

Data dianggap bukan data rahasia dan DTSI dibebaskan dari kewajiban untuk melindunginya apabila data telah menjadi bagian dari domain publik dan diketahui secara umum .