logo
Tidak menemukan jawaban yang anda cari?

Jurnal Unpad

Jurnal Universitas Padjadjaran Padjadjaran

Jurnal Online UNPAD dikembangkan dengan tujuan menampung semua karya ilmiah mahasiswa dan dosen, baik hasil penelitian maupun tulisan ilmiah berupa hasil studi kepustakaan.

Tanya Jawab

Mengapa harus di Jurnal Unpad

Tidak ada keharusan bagi pengelola jurnal di lingkungan unpad untuk menghosting jurnal nya di situs jurnal.unpad.ac.id. Akan tetapi hal berikut ini patut untuk menjadi pertimbangan :

  1. Dikelola dengan sepenuh hati dan perhatian.
  2. Memiliki komunitas, anda dapat bergabung di grup WA untuk saling berbagi dan membantu dalam hal pengelolaan jurnal.
  3. Situs Jurnal Unpad berbasis Open Journal System (OJS) yang tampaknya telah cukup menjadi standar dari sebuah aplikasi pengelolaan jurnal terbuka.
  4. Diharapkan pengelola jurnal dapat lebih berkonsentrasi ke masalah seputar pengadaan artikel, peer review artikel dan pemilihan artikel berkualitas dan akreditasi jurnal, karena Kami yang akan menangani masalah teknis aplikasi OJS di situs ini.
  5. Tidak perlu mengeluarkan dana untuk menyewa pihak ketiga untuk membuat website jurnal sendiri, ataupun membayar pihak lain untuk mengurus website jurnal anda yg berbasis OJS ini.
  6. Memiliki branding yang tegas, yaitu : Jurnal Unpad.
  7. Sebagai situs yang menggunakan OJS, maka protokol OAI telah tersedia dengan sendirinya. Hal ini secara teknis memungkinkan jurnal untuk di index di Kandaga (http://kandaga.unpad.ac.id)
  8. Layak untuk memanfaatkan prefix DOI Unpad.
  9. Terintegrasi dengan PAuS ID, sehingga civitas akademika Unpad tidak perlu membuat account dengan cara mengisi form registrasi yang cukup panjang. Cukup login dengan tautan PAuS ID dari jurnal yang diinginkan, maka account nya telah dibuatkan.
  10. Diharapkan dengan data jurnal yang bersatu dapat memudahkan pendataan artikel civitas akademika yang diterbitkan oleh jurnal internal.

Kami mengundang pengelola jurnal yang tidak menghostingkan jurnalnya di jurnal.unpad.ac.id untuk saling bertukar tautan.

Bagaimana cara mengajukan hosting jurnal baru ?

Permintaan hosting jurnal di situs jurnal Unpad dapat langsung menghubungi WA 089526539350, kemudian melengkapi formulir layanan hosting dan membuat surat kepada Direktur DPSI yang diketahui oleh Pimpinan terkait, kemudian dikirim ke support@unpad.ac.id

Form Hosting : Download

Contoh format link jurnal yang ada di Jurnal Unpad

Berikut adalah Contoh Format Link di Jurnal Unpad :

  • Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan : jurnal.unpad.ac.id/adbispreneur/
  • Jurnal Agrikultura : jurnal.unpad.ac.id/agrikultura/
  • Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan : jurnal.unpad.ac.id/jkip/

Artikel Terkait

Jurnal Online UNPAD dikembangkan dengan tujuan menampung semua karya ilmiah mahasiswa dan dosen, baik hasil penelitian maupun tulisan ilmiah berupa hasil studi kepustakaan.

Diharapkan dengan adanya media jurnal online ini akan menambah khasanah pengetahuan dan tukar menukar informasi ilmiah terutama hasil-hasil penelitian yang akan banyak manfaatnya terutama bagi pembangunan di Indonesia.