logo

Waspada Malware Bawaan di Ponsel Android Baru!

Metrotvnews.com: Berencana membeli ponsel Android? Jangan terlalu berharap ponsel Anda hadir dalam keadaan bersih.

Menurut The Hacker News, setidaknya 36 ponsel kelas menengah-atas dari berbagai merek hadir dengan program malware yang telah terpasang. Temuan ini diungkapkan oleh perusahaan keamanan digital Check Point yang baru-baru ini memeriksa keberadaan malware di berbagai perangkat Android

Peneliti Check Point mengatakan setidaknya ada duia malware terpasang di berbagai perangkan Android yang mereka uji.

Dua malware tersebut dikatakan masuk ke dalam keluarga malware :Loki dan SLocker. Malware tersebut juga dikatakan tidak dipasang saat ponsel ini dibuat oleh manufaktur, tetapi diselipkan ketika proses pengiriman yang melibatkan pihak rantai suplai.

Loki merupakan malware sekaligus trojan yang dikatakan memungkinkan hacker untuk masuk ke dalam sistem ponsel yang terinfeksi. Loki juga memiliki fitur seperti spyware yang bisa mengirimkan data-data penting berupa data lokasi, riwayat panggilan, daftar kontak, dan lain-lain. Sementara SLocker merupakan ransomware yang mampu mengunci perangkat korbannya sehingga seluruh datanya tidak bisa dibuka kembali.

Berikut adalah daftar ponsel yang diketahui hadir dengan dua malware tersebut:
– Galaxy Note 2
– LG G4
– Galaxy S7
– Galaxy S4
– Galaxy Note 4
– Galaxy Note 5
– Xiaomi Mi 4i
– Galaxy A5
– ZTE x500
– Galaxy Note 3
– Galaxy Note Edge
– Galaxy Tab S2
– Galaxy Tab 2
– Oppo N3
– Vivo X6 plus
– Nexus 5
– Nexus 5X
– Asus Zenfone 2
– LenovoS90
– OppoR7 plus
– Xiaomi Redmi
– Lenovo A850

The Hacker News juga mengatakan kejadian ini bukanlah hal baru. Tahun lalu, berbagai merek ponsel Android kelas menengah-bawah juga diketahui memiliki malware yang telah terpasang. Malware tersebut bahkan muncul sebagai adware yang membuat pengguna ponsel selalu melihat iklan di layar ponselnya.

Untuk menghapus malware tersebut, Anda harus melakukan rooting lalu menghapusnya secara manual atau melakukan flashing. Keduanya merupakan teknik yang cukup rumit, sehingga sebaiknya Anda mengunjungi teknisi resmi.

Sementara untuk pencegahan, Anda juga bisa memasang program anti malware dari penyedia aplikasi keamanan terkemuka yang banyak tersedia di Google Play Store.

  • Farid Ardiansyah

    Artikelnya sangat informatif.
    Ingin tahu harga dan spesifikasi android terbaru?
    Kunjungi http://www.androidbaru.id
    Terimakasih.